All About Arkeologi Indonesia

Patung Kuno Ditemukan Usai Badai

Jerusalem, – Badai dahsyat yang bikin ambruk sebuah tebing di pantai tengah Israel telah menyebabkan penemuan patung kuno dari zaman Romawi, kata Otoritas Barang Antik Israel, Selasa (14/12/2010).

Sebuah patung perempuan dari marmer putih itu mengenakan toga dan sandal yang diperkirakan berusia 2.000 tahun. Tingginya 1,2 meter, berat sekitar 200 kilogram, dan ditemukan tanpa kepala atau lengan, demikian menurut berita yang dirilis oleh otoritas itu sebagaimana dilansir CNN, Rabu.

Seseorang yang berjalan di pantai Ashkelon di sebelah barat Jerusalem menemukan patung itu, kata otoritas tersebut. “Patung itu jatuh ke laut ketika tebing di pinggir laut itu runtuh akibat terjangan badai,” kata Yigal Israel, arkeolog dari Ashkelon. “Reruntuhan itu juga merusak pemandian dan mosaik yang telah berada di tebing itu selama ratusan tahun.”

Badai tersebut, salah satu yang terkuat yang pernah menerjang Israel dalam beberapa tahun terakhir, membawa angin berkekuatan lebih dari 100 kilometer per jam yang menimbulkan gelombang setinggi 10 meter yang menghantam pantai Israel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s