All About Arkeologi Indonesia

Da Vinci Code: Rahasia di Mata Mona Lisa


Jakarta, – Sejarawan seni kini menyelidiki misteri ala novel dan film “Da Vinci Code” setelah menemukan angka-angka dan huruf-huruf kecil di mata Mona Lisa, lukisan penuh misteri karya Leonardo Da Vinci.

Lukisan berumur 500 tahun mahakarya Da Vinci itu sejak dulu menjadi misteri, terutama mengenai identitas perempuan yang tersenyum di lukisan itu.

Di film Da Vinci Code, tokoh utama yang diperankan Tom Hanks mengungkap pesan-pesan rahasia pada lukian Mona Lisa dan karya Da Vinci lainnya, Perjamuan Terakhir.

Para sejarawan mengemukakan bahwa angka dan huruf “rahasia” itu tidak bisa dilihat dengan mata telanjang dan harus menggunakan mikroskop agar tampak.

Para anggota Komite Nasional Warisan Budaya Italia mengungkapkan bahwa dengan memperbesar resolusi tinggi dari mata Mona Lisa, huruf-huruf dan angka-angka tersebut dapat dilihat.

Presiden komite tersebut, Silvano Vinceti, mengatakan :”Dengan mata telanjang simbol-simbol ini tidak bisa dilihat namun dengan kaca pembesar mereka akan tampak jelas.”

“Di mata kanan tampak huruf LV yang mungkin singkatan dari Leonardo Da Vinci sedangkan di mata kanan ada simbol-simbol tapi belum terdefinisikan.”

“Sulit sekali untuk memastikan tapi tampaknya itu adalah huruf CE atau mungkin huruf B – harap ingat, lukisan itu umurnya sudah 500 tahun, jadi sudah tidak setajam dan sejelas seperti saat lukisan dibuat.”

” Pada lengkung jembatan yang jadi latar belakang ada angka 72 atau mungkin juga huruf L dengan angka 2.”

Vinceti telah memeriksa lukisan Mona Lisa yang dipajang di museum Louvre. Dia mengatakan misteri itu mulai terungkap setelah seorang anggota komite, Luigi Borgia, menemukan suatu buku yang sudah lapuk di toko barang antik.

Isi buku berusia 50 tahun itu menyebutkan bahwa mata Mona Lisa penuh dengan berbagai tanda dan simbol. Vinceti mengatakan “Kami baru dalam tahap awal penyelidikan dan kami berharap bisa menggali lebih dalam tentang misteri ini dan mengungkapkan detail lainnya sesegera mungkin.”

“Mengagumkan sekali bahwa tidak seorang pun memperhatikan simbol-simbol ini sebelumnya. Dari penyelidikan awal yang kami lakukan, kami yakin huruf dan angka itu bukan kesalahan dan sengaja dipasang di situ oleh sang seniman.”

Vinceti adalah anggota kelompok yang meminta izin kepada pihak berwenang Prancis untuk memeriksa kerangka Da Vinci di kuburannya di Puri Amboise di Loire Valley.

Mereka ingin tahu jika tengkorak Da Vinci masih ada. Jika tengkorak itu ada, mereka akan mencoba mereka kembali wajah sang seniman dan memastikan jika wajah Mona Lisa sebenarnya adalah wajah Da Vinci, seperti yang diyakini banyak orang.

Sebagian sejarawan yakin bahwa Da Vinci adalah homoseksual dan kecintaannya pada teka-teki membuat dia melukis diri sendiri sebagai seorang perempuan. Teori lainnya, Mona Lisa adalah Lisa Gheradini, istri Florence, seorang pedagang yang kemungkinan adalah ibu Da Vinci.

Enam bulan lalu Vinceti juga jadi berita utama karena menemukan tulang belulang seniman Michelangelo Merisi atau yang dikenal sebagai Caravaggio di Porto Ercole, pantai Tuscan Italia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s